SMAN 1 Pujud Jl. Lintas Timur No.1 Pujud Rokan Hilir...Raih Prestasi, Junjung Tinggi Budi Pekerti...

Sejarah Asal Nama Pujuik atau Pujud



HISTORIGRAFI (PENULISAN)
SEJARAH ASAL NAMA PUJUIK ATAU PUJUd

Di sebuah kampung yang bernama BANJAR SRIAMAN yang terdapat 2 suku yaitu suku BONAI dan suku MELAYU. Di suku bonai ada seorang lelaki yang mempunyai 2 orang istri ,nama laki-laki itu adalah ONGAH SELINDIT dan ke dua istri nya adalah SEMAH yang istri pertama dan POSA adalah istri ke dua. ONGAH SELINDIT lebih menyayangi istri pertama nya yaitu SEMAH dari pada istri ke dua nya yaitu POSA karna SEMAH lebih cantik dan juga rajin bekerja.
Di pagi hari yang cerah ongah selindit kedatangan tamu yaitu H.DARONI yang termasuk yang paling kaya di banjar sriaman itu. Sehingga membuat ongah selindit bertanya ‘ada gerangan apa anda datang ke sini’begini ongah selindit maksud kedatangan saya ke sini ingin mengusul kan bagaimana kalau BANJAR SRIAMAN ini kita ganti dengan nama pujuik. ongah selindan kita lihat juga makin hari makin ramai pula banjar kita ini.
Tunggu dulu pak H. arti pujuik itu apa kata ongah selindit begini pujuik itu arti nya “be bujuik-bujuik”(ber ramai-ramai)dan juga ada nya tanah kita yang bebujuik yang ramai di datangi orang karna tanah kita subur,kenapa begitu?coba lah ongah lihat orang masuk ke kampung kita ini bebujuik-bujuik jadi kita ganti saja dengan nama PUJUIK.
Gimana ongah setuju tidak?setuju pak H. jadi kampung pujuik itu harus ada yang memimpin yang nama nya kepala desa atau penghulu dan ongah selindit yang menjadi kapala desa nya. Jadi tugas ongah selindit itu mengumpulkan semua warga-warga yang ada di banjar ini. Supaya mereka tahu kalau banjar sriaman akan diganti menjadi pujuik dan ongah selindit menjadi kapala desa nya .
Malam hari nya ongah selindit pergi nelayan dan tinggalkan semah dan posa di rumah,karena kecemburuaan posa ke semah karena ongah selindit lebih menyayangi semah dan posa pun menjalan kan niat nya untuk membunuh semah,dan posa mengubur kan semah di samping pohon besar dekat sungai batang kumu.
Pagi buta ongah selindit pulang dari nelayan dan langsung memangil semah tapi malahan ke luara posa.ongah selindit bertanyapada posa”mana semah posa”? dan posa menjawab “semah pulang kampung “tapi ongah selindit tidak yakin kenapa semah pulang tidak berpamitan sama dia.
Ongah selindit langsung pergi rapat,para warga telah berkumpul dan H.DARONI sudah ada di situ,akhirnya H.daroni langsung berbicara karena semua warga sudah ada.dan ia langsung menyampai kan tujuan nya”maksud saya mengumpul kan warga di sini karena saya ingin mengumum kan bahwa BANJAR SRIAMAN ini di ganti dengan nama PUJUIK karena kita lihat orang masuk ke sini beramai-ramai atau bebujuik-bujuik. Kepala desa nya yaitu ONGAH SELINDIT,gimana para warga setuju…… warga pun menjawab setuju….
Pada saat rapat berlangsung tiba-tiba datang lah seorang anak kecil tergesa-gesa dan dia langsung menuju ke ongah selindit dan dia mengatakan bahwa istri muda nya yaitu semah telah meninggal di bunuh oleh istri tua ongah,mendengar pernyataan yang di sampaikan anak itu.sungguh sedihnya ongah selindit dan ia pun duduk terkulai.akhirnya posa di hokum oleh para warga di situ.