SMAN 1 Pujud Jl. Lintas Timur No.1 Pujud Rokan Hilir...Raih Prestasi, Junjung Tinggi Budi Pekerti...

istana siak pusat wisata budaya melayu

   PEMERINTAH kabupaten siak menyambut baik dipilh nya istana siak sebagai salah satu tempat temu penyair ASEAN- korea selatan atau korea ASEAN poets literature festival(KAPLF) 2011 ke-2 yang barlangsung di riau pada 25-29 oktober 2011.
  Helat ini dinilai sebagai sarana promosi siak kepada para peserta sebagai destinasi wisata sejarah dan budaya. untuk menyambut kedatangan asia tersebut, panitia menyiapkan becak yang merupakan kendaraan tradisioanal itu untuk membawa peserta ke istana. hal ini di pandang memiliki histori.
  disiapkan sebanyak 50 becak untuk membawa peserta tersebut. kata kepala dinas pariwisata seni dan budaya pemuda dan olahraga siak wan abdul rajak SH MH. ide bacaan ini terungkap atas usul pihak kecamatan, dari pada menggunakan bus sementara jaraknya tak begitu jauh.
   istana siak, merupakan salah satu objek wisata sejarah yang ada di riau yakni peninggalan kerajaan. para wisatawan domestik ataupun mancanegara slalu menempatkan diri mengunjungi istana saat berkunjung ke riau ataupun ke siak. hal ini bagi pemkab siak harus disenergikan dan di optimalkan agar promosi istana siak indra pura sampai ke penjuru dunia. hari libur idul fitri hijriah lalu, wisatawan yang mengunjungi istana siak selama 2 hari kamis dan jumat mencapai 10 ribu orang.
dari sekian banyak orang yang dikerumuni pengunjung adalah benda peninggalan sejarah  berupa "cermin putri raja" yang konon bagi yang berkaca dicermin tersebut akan menjadi jelita.