SMAN 1 Pujud Jl. Lintas Timur No.1 Pujud Rokan Hilir...Raih Prestasi, Junjung Tinggi Budi Pekerti...

PULAU NIAS PENUH SEJARAH DAN BUDAYA

Pulau nias salah satu pulau terbesar di sumatra.letaknya di sebelah utara pulau sumatra.pulau nias lebih dekat dengan kepuluan SIBERUT,tempat tinggal suku mentawai yang primitif.hampir semua pantai di nias digunakan untuk berselancar oleh turis mancanegara karena tinggi nya ombak.luas pulau nias adalah 5.625 KM.disana tidak ada gunung merapi.akan tetapi,ada satu gunung yang terkenal,yakni gunung SITOLI.gunung sitoli adalah nama ibukota pulau nias jika hendak kesana,kalian bisa naik pesawat atau kapal laut.

Di nias, terdapat 19 kabupaten dan 17 kecamatan teluk dalam,terdapat pantai yang memiliki keindahan pemandangan alam yang menajubkan hingga sering di kunjungi turis.

Tari perang dan upacara lompat batu merupakan kebudayaan nias yang terkenal .tarian itu terdapat di desa BAWOMATALU dan HILISIMAE.dalam menari,mereka memakai pakaian tradisional dengan bulu-bulu burung di atas kepala.kepala suku melihat para penari sambil duduk di atas batu seberat 18 ton.

Konon ,penduk nias berasal dari suku batak.tetapi mereka menolak pendapat itu.menurut kepercayaan penduduk ,mereka berasal dari burma.FRENCMAN FERRARD seorang ahli dari perancis yang pernah melewati asal usul penduduk nias,megatakan bahwa mereka keturunan arab yang pernah singgah dinias pada tahun 851 M.beberapa legenda disana menceritakan bahwa ada dua suku yang tinggal dijurang.mereka memiliki perilaku jahat.

Orang nias disebut ano nisa ,sedangkan tanah mereka disebut tano niha pada zaman dahulu,orang nias dibedakan atas golongan bangsawan masyarakat umum.pada masa sekarang,yang membedakan mereka hanya tmpat tinggal atau daerah.kumpulan desa disebut ARAHUA.kepala desa memimpin daerah secara turun temurun dalam keluarganya.

Konon,agama hindu pernah disebarkan disana.hal itu,terbukti dengan kepercayaan masyarakat pada tiga tahun,yakni LOWALANI LATURADANU,sang pembinasa,dan SILEWINARAJATA ,sang pendamai dan perantara.kemudian agama islam masuk kenias dengan perantara pedagang pada tahun 1700.