SMAN 1 Pujud Jl. Lintas Timur No.1 Pujud Rokan Hilir...Raih Prestasi, Junjung Tinggi Budi Pekerti...

Asal Mula Nama Bangkalis

nama bangkalis di ambil dari kata "mengkal"yang berarti sedih/sebak.dan :"kalis'yang berarti tabah.kata ini di ambil dari ungkapan raja kecil ke pada pembantu dan pengikut nya sewaktu baginda sampai da pulau bangkalis ketika ingin merebut tahta karajaan johor.
  Sejarah bengkalis bermula ketika tuan bujang alias raja kecil bergelar sultan abdul jalil rahmat syah mendarat di bengkalis pada tahun 1722.beliau di sambut oleh batin sanggoro dan beberapa batin pucuk suku"asli"batin berbau,batin selat tebimg tinggi dll.
   Berita raja kecil adalah pewaris kerajaan johor semakin menimbul kan rasa hormat batin-batin di maksud, sehingga mereka mengusul kan agar raja kecil membangun kerajaan nya di pulau bangkalis
    Namun melalui musyawarah beliau dengan bentuk laksamana bukit batu datuk pesisir,datuk tanah datar,datuk lima puluh,dan datuk kampar,di sepakati bahwa pusat keraan di diri kan di pusat di dekat sabak aur yakni di sungai buatan salah satu anak sungai siak. pusat kerjaan itu di diri kan pada tahun 1723, kerajaan ini kemudian yang pernah menguasai kawasan yang luas di pesisir pantai sumatra bagian utara dan tengah sampai di perbatasan aceh.
    Sejak tapung(pertapahan) di temui timah (1674) peran bangkalis dalam hubungan malaka dengan kerajaan pasisir timur sumatra semakin besar, terutama di masa hadir nya kerajaan gasib.di masa pemerintahan sultan mansyur syah tahun 1459 -1477  gasip di kuasai oleh raja gasib yg belum menganut agama islam di islam kan dan di beri gelar sultan "ibrahim" dan di jadi kan wikil sultan malaka di gasib. sejak itu kerajaan gasib di bawah pimpinan sultan ibrhim(bernama megat kudu) menjadi kawasan pengembangan islam sampai dengan sekarang...